Saturday, July 7, 2012

Indonesian Talk In Korean (Level 1-2) [Ne, Aniyo, Majayo]



Setelah mendengarkan pelajaran ini , ketika kamu ditanya dengan pertanyaan yang membutuhkan jawaban YA / TIDAK, kamu akan dapat menjawabnya dengan YA atau TIDAK dalam bahasa korea.

'네 / 아니요'

Dalam bahasa Korea, “Ya” adalah 네 [ne] dan “Tidak” adalah 아니요 [a-ni-yo] dalam bentuk 존댓말 [jon-daet-mal], bahasa yang sopan / resmi.

네. [ne] = Ya.
아니요. [a-ni-yo] = Tidak.

Di korea ketika orang menggunakan atau mengucapkan “네”[ne], itu tak seperti “yes” dalam bahasa Inggris, tetapi lebih seperti Ya dalam bahasa Idonesia. Begitu juga untuk “아니요” [aniyo]. Ini dikarenakan Orang korea mengucapkan “네” [ne] yang mengekspresikan “persetujuan” atau tanda bahwa mereka setuju dengan apa yang diucapkan. Nah sedangkan “아니요” mengekspresikan “ketidak setujuan” atau “penolakan” atau “sanggahan” atas apa yang diucapkan.

Sebagai contoh,ketika seseorang bertanya “Apakah kamu tidak suka kopi?” (커피 안 좋아해요? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] dalam bahasa korea) dan jika kamu menjawab “Ya, Aku tidak suka kopi.” kamu harus mengatakan “네.”

Lebih tepatnya seperti ini :

네. [ne] = Itu Benar. / Saya Setuju. / Kedengarannya bagus. / Yang kau katakan Benar.

아니요. [aniyo] = Itu tidak benar. / Saya tidak setuju. / Yang kau katakan tidak benar.

Begitu juga ketika kamu bertaya kepada teman “Apakah kamu tidak suka kopi?” dalam bahasa Korea, jika orang itu tak suka kopi maka ia akan menjwab “네” [ne] tetapi jika ia suka kopi maka ia akan menjawab “아니요” [aniyo] dalam bahasa Korea.

커피 좋아해요? [keo-pi jo-a-hae-yo?] = Apakah Kamu suka kopi?

네. 좋아해요. [ne. jo-a-hae-yo] = Ya, Saya Suka Kopi.

커피 좋아해요? [keo-pi jo-a-hae-yo?] = Apakah Kamu suka kopi?

아니요. 안 좋아해요. [aniyo. an jo-a-hae-yo] = Tidak, Aku Tak suka kopi.

커피 안 좋아해요? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] = Apakah kau tak suka kopi?

아니요. 좋아해요. [aniyo. jo-a-hae-yo] = Tidak, Aku suka kopi.

커피 안 좋아해요? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] = Apakah Kamu tak suka kopi?

네. 안 좋아해요. [ne. an jo-a-hae-yo] = Ya, Aku tak suka kopi.

Dsamping digunakan untuk mengekspresikan “Ya” atau “benar” 네 [ne] juga digunakan sebagai pengisi dalam percakapan.

Jika kita mendengar dua orang berbicara dalam bahasa korea maka akan sangat sering terdengar 네 [ne], meskipun mereka tak bermaksud mengatakan “Ya.”

Jadi jika dua orang berbincang dalam bahasa korea (bayangkan bahwa ini diucapkan dalam bahasa Korea)

A : Kau Tahu, Aku membeli buku ini kemarin,

B : 네. [ne]

A : dan Aku sangat menyukainya.

B : 네. [ne]

A: Tapi buku ini edikit mahal.

B: 네. [ne]

A: Taukah berapa harganya?

B: berapa?

A: Harganya 100 dolar!

B: 네? [ne?]

A: Jadi aku membayarnya dengan kartu kredit.

B: 네...

A: Tapi aku masih sangat menyukainya karena buku ini karangan SoYoung owner dari SoYoungTheKpopers.Blogspot.com dan penulis dari Indonesian Talk In Korean.

B: 네...


Jadi seperti yang ada pada percakapan di atas, 네 [ne] bisa berfungsi sebagai :

Ya. / Itu benar

tetapi juga, Ah begitu. / Ya aku mengerti. / Ya, aku di sini! (ketika seseorang memanggilmu) / Aku paham. / Ah-ha. / dll...


맞아요. [ma-ja-yo]


Karena 네 [ne] dan 아니요 [aniyo] lebih berarti setuju dan tidak setuju dibanding mengungkapkan sesuatu benar atau tidak, dan JUGA karena네 juga berarti “ah begitu.” atau “Ah-ha.” Jadi orang Korea selalu menggunaan ekspresi ini, 맞아요 [ma-ja-yo] setelah 네 [ne].

네, 맞아요. [ne, ma-ja-yo] = Ya, Benar.

Hal ini lebih kuat dalam menegaskan bahwa “kau benar” dibanding dengan hanya mendengarkan dengan tenang dan diam sambil mengangguk.


네 [ne] lagi.

네 adalah sebuah kata yang luar biasa. Memiliki arti dan fungsi yang cukup banyak, tetapi juga bisa berarti “apa yang kau katakan?” saat seseorang bicara dan kau tak begit jelas mendengarnya atau tak begitu memperhatikannya. Kemudian kau bilang “네?” [ne?]yang berarti “ulangi!” atau “maaf?” atau “apa?” atau “apa yang kau katakan?” atau “maaf tidak begitu jelas.”

Kita juga bisa mengatakan “네?” untuk menunjukkan keterkejutan.

A: Aku Bawakan Hadiah untuk mu.

B: 네? [ne?]

A: Aku bilang aku bawakan hadiah untuk mu?

B: 네?

A: Ahhh lupakan.

B: 네?


Materi ini tersedia dalam bentuk PDF dan MP3



Credit : TTMIK
Posted by : @LeeSoYoung_soe
Facebook Fan Page : SoYoung The Kpopers
Please take full Credit if you share this.... credit me SoYoungTheKPopers.blogspot.com

No comments:

Post a Comment