Wednesday, April 23, 2014

Indonesian Talk In Korean (level 1-18) [partikel penanda lokasi]



kita pernah belajar 2 partikel penanda sebelumnya yaitu partikel penanda topik (PPT) 은 (eun) / 는 (neun) dan partikel penanda subject (PPS) 이 (i) / 가 (ga)

sekarang kita akan belajar 1 partikel penanda lagi yaitu partikel penanda lokasi atau tempat... enaknya kita singkat apa ya?? PPL ato PPT?

hehe karna ppt udah topik maka ppl ya ^_^

nah ppl juga ada 2 yaitu 에 (e) dan 에서 (eseo) tapi pemakaiannya beda loh sama ppt ato pps ^_^ dan 에 (e) juga g cuma digunakan sepagai ppl. tapi g usah d bahas dulu karna yang kita bahas adalah ppl kalo bahasa kerenny location marking particle

nah pertama2 kita kenalan dulu sama 1 kata어디 (eodi) = dimana atau tempat yang mana dan 어디 (eodi) diucapkan lebih seperti eo-thi (bukan di)

nah kalo mau bilang "kemana kamu mau pergi?" atau "kamu mau pergi kemana?" dalam bahasa korea maka :

가다 (gada) = pergi고 싶어요 (go sipeoyo) = akan melakukan sesuatu

nah masih ingat kan bagaimana menggunakan kata kerja dan 고 싶어요 (go sipeoyo)?

yup 다 (da) kita buang jauh2

jadi 가다 (gada) menjadi 가고 싶어요 (gago sipeoyo)
가고 싶어요 (gago sipeoyo) = aku akan pergi
가고 싶어요? (gago sipeoyo?) = apa kamu akan pergi? (cukup menaikkan nada di ujung akhir kalimat)

nah sekarang kita tambahkan 어디 (eodi)
어디 가고 싶어요? (eodi gago sipeoyo?) = kamu mau pergi ke mana? atau Kemana kamu akan pergi?

nah sekarang ppl nya yuk

kita menggunakan ppl agar kalimat yang kita gunakan jelas maksudnya.

에 (e) = di, kecara penggunaannya -> kata benda + 에 (e)

contoh

"aku sudah pergi ke sekolah"
가다 (gada) = pergi
aku sudah pergi = 갔어요 (gasseoyo)
sekolah = 학요 (hakyo)
ke = 에 (e)

1. aku sudah pergi ke sekolah = 학요에 갔어요 (hakyoe gasseoyo)

2. saya sudah datang ke korea = 한국에 왔어요 (hanguge wasseoyo)

3. kemana kau akan pergi? = 어디에 가고 싶어요? (eodie gago sipeoyo?)

4. kau dimana? atau dimana kamu? = 어디에 있어요? (eodie isseoyo?)

5. sekarang kmu dimana? = 지금 어디에 있어요? (jigeum eodie isseoyo?) atau 어디에 있어요 지금? (eodie isseoyo jigeum?)

nah trus gmana dengan 에서 (eseo) min? kok dari tadi yang dipakai 에 (e) doang?

nah 에서 (eseo) = di, di dalam, dari
penggunaannya --> kata benda + 에서 (eseo)

에서 (eseo) bisa mengekspresikan banyak hal namun ada dua aturan utama.

kedua aturan tersebut adalah bahwa 에서 (eseo) mengekspresikan :

1. lokasi atau tempat dimana sebuah aksi atau aktifitas dilkukan
    mis. saya bertemu teman di perpustakaan

2. memiliki arti dari suatu tempat
    mis. saya datang dari seoul

trus apa bedanya 에 (e) sama 에서 (eseo)?

keduanya bisa diartikan "di" dan bagaimana perbedaanya?

에 (e) mengekspresikan lokasi keberadaan sesuatu, atau dimana sesuatu itu berada atau sebuah tujuan yang di tuju.
mis. saya pulang ke rumah = 집에 가요. (jibe gayo)
saya di rumah. = 집에 있어요 (jibe isseoyo)

sedangkan 에서 (eseo) menyatakan tempat dimana sesuatu dilakukan
mis. aku bekerja di rumah = 집에서 일해요 (jibeseo ilhaeyo)
apa yang kau lakukan di rumah? = 집에서 뭐 해요? (jibeseo mwo haeyo?)

beberapa kata kerja yangsering digunakan beserta perubahannya (present - past) tense

가다 (gada) = pergi가요 (gayo) - 갔어요 (gasseoyo)

오다 (oda) = datang와요 (wayo) - 왔어요 (wasseoyo)

있다 (itda) = to be, ada있어요 (isseoyo) - 있었어요 (isseosseoyo)

보다 (boda) = melihat봐요 (bwayo) - 봤어요 (bwasseoyo)

하다 (hada) = melakukan sesuatu해요 (haeyo) - 했어요 (haesseoyo)


selesai ^_^ sampai jumpa lg ^_^



Credit : TTMIK
Posted by : @LeeSoYoung_soe
Facebook Fan Page : SoYoung The Kpopers
Please take full Credit if you share this.... credit me SoYoungTheKPopers.blogspot.com

7 comments:

  1. Ini bermanfaat banget,,,,enak buat belajar aku jadi cepet paham.ditunggu yaa post belajar bahasa koreanya lagi👏😍

    ReplyDelete
  2. Ini bermanfaat banget,,,,enak buat belajar aku jadi cepet paham.ditunggu yaa post belajar bahasa koreanya lagi👏😍

    ReplyDelete
  3. Ini bermanfaat banget,,,,enak buat belajar aku jadi cepet paham.ditunggu yaa post belajar bahasa koreanya lagi👏😍

    ReplyDelete
  4. Ini bermanfaat banget,,,,enak buat belajar aku jadi cepet paham.ditunggu yaa post belajar bahasa koreanya lagi👏😍

    ReplyDelete
  5. Ini bermanfaat banget,,,,enak buat belajar aku jadi cepet paham.ditunggu yaa post belajar bahasa koreanya lagi👏😍

    ReplyDelete
  6. Ini bermanfaat banget,,,,enak buat belajar aku jadi cepet paham.ditunggu yaa post belajar bahasa koreanya lagi👏😍

    ReplyDelete