Monday, November 12, 2012

Indonesian Talk In Korean (Level 1-13) [-go sippeoyo, deo]



ulang dulu sebentar yukkkk

nah kemaren di 1-12 kalo bilang enak gmn caranya?? hayo mash inget g??

terus juga kalok sebelum makan bilang apa??

yup, majayo!!!
enak = 맛 있어요 (ma sisseoyo)

selamat makan = 잘 먹겠습니다 (jal meokgeseumnida)

nah kalo sebelum makan atau melakukan sesuatu atau jika kita ingin melakukan sesatu tentunya kita ingin dapat mengungkapkannya dengan bahasa korea kan? hehehe

nah kali ini kita akan belajar mengungkapkan "saya ingin melakukan sesuatu" tentu dalam bahasa korea ^_^
yukkk

kata kuncinya adalah
-고 싶어요 (-go sipeoyo) = saya ingin (untuk verb)

nah contoh yuk

berikut beberapa kata kerja aka verb yang sering digunakan.
가다 (gada) = pergi
보다 (boda) = melihat
먹다 (meokda) = makan

nah semua kata kerja baku yang ada di kamus atau dictionary form... alias kata
kerja bentuk kamus adalah ....다 (....da) jadi belakangnya pasti ada da (다) nah untuk merubah bentuk dasar ke bentuk lainnya istilah kerennya conjugation, kita singkirkan 다 (da) dan tambahkan form atau bentuk yang diinginkan.

bingung??

contoh aja yuk ^_^

kita akan merubah kata kerja bentuk 다 (da) ke bentuk -고 싶어요 (-go sipeoyo) = saya ingin...

가다 (gada) -> 가 (ga) + 고 싶어요 (go sipeoyo) = 가고 싶어요 (gago sipeoyo) = saya ingin pergi.

먹다 (meokda) -> 먹 (meok) + 고 싶어요 (go sipeoyo) = 먹고 싶어요 (meokgo sipeoyo) = saya ingin makan

보다 (boda) -> 보 (bo) + 고 싶어요 (go sipeoyo) = 보고 싶어요 (bogo sipeoyo) = saya ingin melihat

namun bogosipeoyo jika disambung atau sebagai ungkapan memiliki arti yang berbeda
보고싶어요 (bogosipeoyo) = aku merindukanmu

contoh percakapan
a : 뭐 먹고 싶어요? (mwo meokgo sipeoyo?) = apa yang ingin kau makan? kau ingin makan apa?
b : 햄버거 먹고 싶어요! (haembeogeo meokgo sipeoyo!) = saya ingin mkan hamburger

nah ini ada 1 kata yang sangat berguna
더 (deo) = lagi / more
더 먹고 싶어요 (deo meokgo sipeoyo) = aku ingin makan lagi
더 주세요 (deo juseyo) = berikan lagi padaku. beri aku lagi.

nah sudah selesai ^_^

sekarang chingu sudah bisa mengungkapkan ingin melakukan apa dan mengucapkan lagi lagi lagi ^_^
hehe terimakasih sudah mau belajar bersama SoYoung n see you di level 1-14 ^_^





Credit : TTMIK
Posted by : @LeeSoYoung_soe
Facebook Fan Page : SoYoung The Kpopers
Please take full Credit if you share this.... credit me SoYoungTheKPopers.blogspot.com

No comments:

Post a Comment