Friday, November 9, 2012

Indonesian Talk In Korean (Level 1-11) [juseyo]


kita akan mempelajari bagaimana bertanya apakah kau punya....? atau apakah ada ....? dan juga bagaiman mengatakan tolonh beri aku.... atau aku ingin punya....

masih ingat bagaimna mengucapkan Aku punya..... kamu punya ...... atau ada.... ?

있어요 (isseoyo) = aku punya .... kmu punya... ada.....

sedangkan kebalikan 있어요 (isseoyo) adalah 없어요 (eopseoyo)

contoh
사과 (sagwa) = apel
사과 있어요 (sagwa isseoyo) = ada apel, saya punya apel, dst
사과 없어요 (sagwa eopseoyo) = tidak ada apel, saya tak punya apel.

nah sekarang kao kita mau bertanya apakah seseorang punya sesuatu atau apakah ada sesuatu?

nah caranya gampang tinggal naikkan nada ato intonasi di ujung akhir kalimat maka akan jadi klimat tanya

있어요? (isseoyo?) = apa kau punya ..... ? apakah ada .....?

begitu pun untuk 없어요 (eopseoyo) menjadi 없어요? (eopseoyo?) yang artinya apakah kau tak punya....? apakah tak ada....?

contoh
사과 (sagwa) = apel
사과 있어요 (sagwa isseoyo) = ada apel, saya punya apel, dst
사과 없어요 (sagwa eopseoyo) = tidak ada apel, saya tak punya apel.
사과 있어요? (sagwa isseoyo?) = apakah kau punya apel? apakah ada apel?
사과 없어요? (sagwa eopseoyo?) = apa kau tak punya apel? apakah tidak ada apel?

nah kalo시간 (sigan) = waktu
커피 (keopi) = kopi

udah bisa donk nanyanya punya waktu atau ada kopi dst??

hehe ngebut

nah sekarang kalo chingu minta sesuatu atau pesa sesuatu pasti bilang "tolong beri saya ......" atau "saya ingin ....."

nah untuk itu kata kunci nya adalah 
주세요 (juseyo) = tolong beri aku ..... kalo bahasa jawanya please give me .....

주세요 (juseyo) berasal dari 주다 (juda) yang artinya memberi jadi juseyo hanya berarti tolong beri aku .... dan dalam tata bahas formal

contoh
a : 사과 있어요? (sagwa isseoyo?)
b : 네, 사과 있어요. (ne, sagwa isseoyo)
a : 사과 주세요. (sagwa juseyo)

nah tanpa min translate chingu pasti udah tau artinya kan?? hehe *oh ya dalam bhs korea satu apel atau banyak apel tidak ada bedanya. tidak seperti bahasa inggris yang berubah menjadi aples kalo banyak. bahkan sagwa bisa juga berarti apel-apel alias apelnya banyak

nah juseyo bisa digunakan ketika meminta tolong, menanyakan barang di toko, memesan sesuatu di restoran, dll. d part berikut berikut berikutnya hehe akan ada juseyo lagi dalam fungsi yang lain. untuk saat ini cukup dengan meminta sesuatu baik di toko, d restoran atau d rumah hehe

contoh lain

아이스크림 주세요 (aiseukeurim juseyo) = beri aku es krim

햄버거 주세요 (haembeogeo juseyo) = beri aku hamburger

김치 주세요 (gimchi juseyo) = beri aku kimchi

밥 주세요 (bap juseyo) = beri aku nasi / beri aku makanan



selesai!!!!! hehehehee

nah sampai jumpa di part 12 ^_^


Credit : TTMIK
Posted by : @LeeSoYoung_soe
Facebook Fan Page : SoYoung The Kpopers
Please take full Credit if you share this.... credit me SoYoungTheKPopers.blogspot.com

No comments:

Post a Comment