Tuesday, January 8, 2013

Indonesian Talk In Korean (Level 1-14) [apa yang akan kau lakukan?]


nah kalo di level 1-13 udah belajar mengatakan "aku ingin melakukan ....." dalam bahasa korea nah sekarang kita akan berlatih menggunaknnya dengan kata2 lain dan contoh2 lain

nah ini ada 5 kata kerja yang sering digunakan
하다 (hada) = melakukan
보다 (boda) = melihat
먹다 (meokda) = makan
사다 (sada) = menjual
마시다 (masida) = minum

masih ingat kan cara mengubah kata kerja menjadi bentuk 고 싶어요 (go sipeoyo)?

하다 - 다 + 고 싶어요
다 dihilangkan

하다 --> 하고 싶어요 [ha-go si-peo-yo] = saya ingin melakukan ...
보다 --> 보고 싶어요 [bo-go si-peo-yo] = saya ingin melihat ...
먹다 --> 먹고 싶어요 [meok-go si-peo-yo] = saya ingin makan ...
사다 --> 사고 싶어요 [sa-go si-peo-yo] = saya ingin membeli ...
마시다 --> 마시고 싶어요 [ma-si-go si-peo-yo] = saya ingin minum ...

masih ingat bagaimana mengucapkan "apa" dalam bahasa korea?

뭐 [mwo] = apa

contoh percakapan :
** ingat: dalam bahasa korea kata benda atau objek berada di depan atau sebelum kata kerja.

A: 뭐 하고 싶어요? [mwo ha-go si-peo-yo?] = Apa yang ingin kau lakukan?
B: 텔레비전 보고 싶어요. [tel-le-bi-jeon bo-go si-peo-yo] = Saya ingin menonton televisi
A: 텔레비전 보고 싶어요? [tel-le-bi-jeon bo-go si-peo-yo?] = kou ingin menonton televisi?
B: 네. [ne] = Ya.
A: 뭐 보고 싶어요? [mwo bo-go si-peo-yo] = Apa yang akan kautonton?
B: 뉴스 보고 싶어요. [nyu-seu bo-go si-peo-yo] = aku ingin menonton berita


A: 이거 사고 싶어요. [i-geo sa-go si-peo-yo] = Saya ingin membeli ini
B: 이거요? [i-geo-yo?] = yang ini?
A: 네. 이거 먹고 싶어요. [ne. i-geo meok-go si-peo-yo] = ya. Saya ingin makan ini.
B: 이거 뭐예요? [i-geo mwo-ye-yo?] = apa ini?
A: 이거 김밥이에요. [i-geo gim-bap-i-e-yo] = ini gimbap.

Beberapa kata kerja yang sering digunakan :
읽다 [ilg-da] = membaca / 읽고 싶어요 [il-ggo si-peo-yo] = saya ingin membaca ...

자다 [ja-da] = tidur / 자고 싶어요 [ja-go si-peo-yo] = saya ingin tidur.

놀다 [nol-da] = hang out, bermain / 놀고 싶어요 [nol-go si-peo-yo] = Saya ingin bermain. ...

쉬다 [swi-da] = istirahat / 쉬고 싶어요 [swi-go si-peo-yo] = saya ingin istirahat.

일하다 [il-ha-da] = bekerja / 일하고 싶어요 [il-ha-go si-peo-yo] = saya ingin bekerja

selesai.... sampai jumpa di part berikutnya ^_^



Credit : TTMIK
Posted by : @LeeSoYoung_soe
Facebook Fan Page : SoYoung The Kpopers
Please take full Credit if you share this.... credit me SoYoungTheKPopers.blogspot.com

No comments:

Post a Comment